Penjelasan tentang Push Button Switch - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Wednesday 17 May 2023

Penjelasan tentang Push Button Switch

 

Push Button Switch

Push button switch merupakan sebuah media yang berguna untuk memutuskan atau mengalirkan aliran listrik. Tombol ini bisa memutus hubungan suatu aliran listrik ketika digunakan untuk berinteraksi. Pemutusan tersebut terjadi karena dampak dari pengallihan satu konduktor ke konduktor lainnya. Push button switch bisa digunakan juga untuk menghubungkan aliran listrik yang disebut dengan mekanisme menyalakan rangkaian sirkuit. Mekanisme pemutusan dan penghubungan aliran listrik disebut dengan sistem unlock atau tidak mengunci. Sirkuit akan berada dalam kondisi normal ketika tombol tidak ditekan. 

 

Jenis – jenis Push Button

 

Beberapa mesin membutuhkan jenis tombol tekan yang berbeda. Oleh karena itu, tombol tekan dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :

 

1. Kontak NO (Normally Open)

 

Tombol tekan jenis ini digunakan sebagai tombol start atau mulai. Kegunaan dari tombol ini sudah jelas, yaitu untuk menghubungkan arus listrik pada suatu mesin. Kontak bisa mengaktifkan mesin ketika tombol ditekan. Aliran arus listrik akan tetap terhubung ketika tombol ditekan. Jika tombol dilepas, maka akan membuat aliran terputus dan mesin kembali non aktif. 

 

2. Kontak NC (Normally Close)

 

Tombol tekan jenis ini mengharuskan knop untuk ditekan agar arus listrik bisa terputus. Kontak NC tergolong sebagai kontak tertutup. Tombol ini biasanya digunakan sebagai tombol stop untuk menghentikan arus listrik. Jika knop dalam keadaan tidak ditekan, maka akan membuat kondisi mesin kembali ke kondisi awal.

 

3. Kontak NO dan NC 

 

Push button NO dan NC bekerja pada satu poros dan memiliki fungsi ganda. Jadi, hubungan kontak akan terjadi secara bersamaan ketika tombol ditekan. Kondisi semula kontak NC yaitu tertutup. Sedangkan kondisi NO pada awalnya terbuka. Jika ditekan, kondisi tersebut akan berbalikan arah. Setelah tombol dilepaskan, maka kondisi kontak tersebut akan kembali normal. 

 

Fungsi Push Button

 

Fungsi tombol tekan yaitu untuk menghubungkan dan memutus aliran listrik. Oleh karena itu, tombol ini digunakan pada sejumlah benda elektronik, seperti buzzer, LED, relay dan perangkat output lainnya. Tombol tekan akan menginisiasi rangkaian sistem agar aktif. Tombol ini bisa dipadukan dengan database website dan software agar kinerjanya semakin efektif. 

 

Cara Mengidentifikasi Jenis Push Button

 

Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi tombol tekan tersebut ketika melihat tombol tekan secara fisik. Berikut ini cara mengidentifikasi apakah tombol tersebut tergolong NO, NC atau ganda :

 

1. Pertama, lihat warna tombol tekan. Tombol tekan NO umumnya berwarna hijau dan tombol tekan NC berwarna merah.

 

2. Gunakan AVO atau Ohm meter untuk melakukan pengukuran.

 

3. Periksalah bodi tombol tekan. Kita bisa menemukan keterangan informasi terkait tombol tersebut. Pada bagian bodi akan tertera apakah tombol tersebut termasuk kontak NO atau kontak NC.

 

No comments:

Post a Comment