Rangkaian Logika Dasar : Memahami Gerbang Logika AND, OR, dan NOT - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Wednesday 23 August 2023

Rangkaian Logika Dasar : Memahami Gerbang Logika AND, OR, dan NOT

Rangkaian logika merupakan blok pembangun sistem digital yang digunakan untuk melakukan operasi logika dengan bertindak sebagai saklar. Gerbang logika dapat didefinisikan sebagai sirkuit digital yang melakukan operasi logika pada input yang diberikan dan menghasilkan output yang sesuai. Rangkaian logika memungkinkan komputer dan perangkat elektronik lainnya untuk melakukan pengambilan keputusan, pemrosesan secara umum dan operasi aritmatika. Salah satu komponen utama dalam rangkaian logika yaitu gerbang logika. Gerbang logika tersebut AND, OR dan NOT. 

 

Gerbang Logika AND

 

Gerbang logika AND merupakan gerbang yang menghasilkan satu output dan dua atau lebih input. Jika semua input-nya 1, maka output-nya 1. Pada gerbang logika AND, input dinyatakan sebagai A dan B, sedangkan output dinyatakan sebagai Y. Jadi jika A dan B bernilai 1, maka output Y akan bernilai 1. Namun jika salah satu atau keduanya 0, maka output bernilai 0. Gerbang logika AND merepresentasikan konsep “dan”, dimana kedua kondisi harus terpenuhi untuk menghasilkan output yang diinginkan.

Gerbang Logika AND

Tabel Kebenaran Logika AND

Gerbang Logika OR

 

Gerbang logika OR merupakan gerbang yang menghasilkan satu output dan dua atau lebih input. Input pada gerbang OR dinyatakan sebagai A dan B, sedangkan output masih dinyatakan sebagai Y. Jika A, B atau keduanya bernilai 1, maka output Y akan bernilai 1.Namun jika salah satu atau keduanya bernilai 0, maka output akan menjadi 0. Gerbang OR mewakili konsep "atau", dimana cukup satu kondisi terpenuhi untuk menghasilkan output yang diinginkan.

Gerbang Logika OR

Tabel Kebenaran Logika OR

Gerbang Logika NOT

 

Gerbang logika NOT merupakan gerbang yang hanya memiliki satu input dan menghasilkan keluaran kebalikan dari inputnya. Input pada gerbang NOT dinyatakan sebagai A dan output sebagai Y. Jika A bernilai 1, maka output Y akan bernilai 0, dan sebaliknya. Gerbang NOT berfungsi sebagai pembalik atau inverter sinyal.

 

Gerbang Logika NOT

Tabel Kebenaran Logika NOT

Ketiga gerbang logika di atas membentuk dasar dari semua operasi logika yang kompleks dengan cara menggabungkan gerbang-gerbang tersebut dalam berbagai pola. Anda dapat membuat rangkaian yang lebih kompleks untuk melakukan berbagai jenis operasi. Sebagai contoh, gerbang AND dan NOT dapat digabungkan untuk membentuk gerbang NAND, yang menghasilkan keluaran kebalikan dari hasil gerbang AND.

 

No comments:

Post a Comment