Pengenalan Wi-Fi : Bagaimana Jaringan Nirkabel Bekerja - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Wednesday 27 September 2023

Pengenalan Wi-Fi : Bagaimana Jaringan Nirkabel Bekerja

Wi-Fi menjadi salah satu teknologi penting dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari rumah, cafe, kantor bahkan bandara. Wi-Fi memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet tanpa adanya kabel fisik. Pada artikel kali ini akan membahas tentang pengenalan Wi-Fi dan bagaimana jaringan nirkabel bekerja.


Wi-Fi singkatan dari "Wireless Fidelity", merupakan teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat elektronik, seperti smartphone, tablet dan komputer untuk terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel fisik. Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data antara perangkat dan router. Router adalah perangkat yang menghubungkan perangkat nirkabel dengan jaringan kabel dan internet.

 

Frekuensi dan Gelombang Radio

 

Pada umumnya, Wi-Fi bekerja dalam rentang frekuensi radio tertentu, yang terletak di 2,4 GHz dan 5 GHz. Frekuensi radio adalah frekuensi yang berada di dalam spektrum radio yang disediakan oleh badan pengatur telekomunikasi di banyak negara. Perangkat Wi-Fi mengirimkan data dalam bentuk gelombang radio dan frekuensi yang digunakan untuk mempengaruhi jangkauan serta kecepatan koneksi.

 

Cara Kerja Jaringan Wi-Fi

 

Jaringan Nirkabel

Jaringan Wi-Fi bekerja dengan prinsip dasar komunikasi nirkabel. Ketika perangkat seperti smartphone atau laptop mencoba untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi, keduanya akan mencari sinyal dari router yang ada di sekitarnya. Perangkat tersebut mengirim permintaan untuk terhubung setelah menemukan sinyal. 

 

Proses ini melibatkan beberapa langkah seperti identifikasi perangkat, otentikasi dan pembentukan koneksi. Setelah perangkat berhasil terhubung, data dapat mulai mengalir antara perangkat dan router yang memungkinkan akses ke internet atau sumber daya jaringan lainnya.

 

Kecepatan dan Jangkauan

 

Kecepatan dan jangkauan jaringan Wi-Fi dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, antara lain :

 

1. Jaringan Wi-Fi 2,4 GHz memiliki jangkauan yang lebih luas. Namun jaringan dengan frekuensi tersebut memiliki kecepatan transfer data yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jaringan 5 GHz yang memiliki jangkauan lebih terbatas tetapi memiliki kecepatan yang lebih tinggi.

 

2. Kualitas koneksi dapat dipengaruhi oleh benda-benda seperti dinding, perabotan rumah tangga bahkan manusia.

 

3. Jika jumlah pengguna yang menggunakan perangkat terhubung ke jaringan lebih banyak, maka kecepatan koneksi akan melambat.

 

4. Router Wi-Fi modern sering dilengkapi dengan teknologi canggih seperti MIMO (Multiple Input Multiple Output) dan Beamforming untuk meningkatkan kinerja jaringan.

 

Keamanan Wi-Fi

 

Keamanan jaringan Wi-Fi adalah hal penting yang harus dijaga. Hal ini dapat dilakukan dengan mengatur kata sandi yang kuat, mengenkripsi data yang dikirimkan melalui jaringan dan memperbarui perangkat lunak router Anda secara teratur. Wi-Fi yang tidak aman dapat menjadi target bagi peretas untuk berusaha mengakses data pribadi Anda.

 

No comments:

Post a Comment