Pengenalan LCD (Liquid Crystal Display) 16 x 2 - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Sunday 25 March 2018

Pengenalan LCD (Liquid Crystal Display) 16 x 2

LCD (Liquid Crystal Display) biasa dipakai untuk menampilkan karakter berupa teks, angka, atau tanda baca atau simbol tertentu. LCD (Liquid Crystal Display) ini dapat digunakan untuk menampilkan karakter 16 x 2. Komponen ini memiliki 16 pin yang dapat digunakan. Berikut ini adalah bentuk fisik beserta pin I/O nya.



Berikut ini fungsi setiap pin I/O yang ada pada LCD nya :
1. VSS = Dihubungkan Ke Ground
2. VCC = Catu Daya Positif (+5V)
3. VEE = Pengatur Kontras Cahaya LCD. Potensiometer 10K Ohm bisa digunakan untuk mengatur tingkat kontrasnya.
4. RS = Register Select, Logika HIGH untuk mengirim data, Logika LOW untuk mengirim instruksi.
5. RW = Read/Write Control Bus.
6. E = Data Enable
7. D0 - D7 = Data
8. LED+ = Catu daya Positif untuk layar
9. LED- = Catu daya Negatif untuk layar

Untuk LCD 16 x 2 ini memiliki penomoran bit seperti pada gambar dibawah ini :


Untuk contoh Project Arduino yang menggunakan LCD 16x2 bisa membuat Counter Up dan Counter Down dengan Display 7 Segment 4 Digit With Arduino Uno .

Untuk pembelian LCD 16x2 bisa kunjungi Toko Komponen Elektronik Terlengkap atau KLIK DISINI.  


Tags :

toko komponen elektronik terlengkap, toko komponen elektronik, project arduino, komponen elektronika,jual komponen elektronika terlengkap, distributor komponen elektronik, toko arduino, toko elektronik, jual alat elektronik, toko komponen elektronik lengkap, program arduino, daftar harga komponen elektronika, project arduino uno, sparepart elektronik, proyek arduino, toko ic terlengkap, harga komponen, toko elektronik terlengkap, toko robot, supplier komponen elektronik, toko suku cadang elektronik, jual komponen listrik, jual arduino uno original, toko part elektronik, toko penjual komponen elektronik, toko peralatan elektronik, toko elektronik lengkap, pusat komponen elektronik, jual elektronik, toko perlengkapan elektronik, toko sensor, jual arduino solo, toko spare part electronic, jual arduino wifi shield, jual komponen elektronik di cikarang

1 comment:

  1. lcd ini bisa di perbaiki ga sob??? aku ada sebuah alat yg memakai lcd sejenis ini dengan 20 pin dan gambarnya tidak bisa tampil lg, mau diganti tp udah searching ga ketemu.

    ReplyDelete