Pengendali Sistem Robot BEAM - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Saturday 19 January 2019

Pengendali Sistem Robot BEAM

Sistem elektronika kedua dari Robot BEAM adalah sistem pengendali. Sekali lagi harus ditekankan bahwa pengendalian robot BEAM tidaklah memerlukan komponene yang dapat diprogram ulang (mikrokontroller) sehingga kita tidak harus memiliki kemampuan membuat program dengan bahasa pemrograman tertentu. Komponen pengendali yang sekaligus sebagai komponen kecerdasan robot BEAM hanyalah IC tak terpogram.

Baca Juga : Robot BEAM (Biology-Electronics-Aesthetics-Mechanics)

Karena konsepnya yang terinspirasi dari alam, maka robot BEAM pun menggunakan alam sebagai sumber inspirasi sistem pengendalinya. Adalah jaringan syaraf (neuron network) pada makhluk hidup yang menjadi sumber inspirasi pembuatan sistem pengendalian robot BEAM.



Jaringan Syaraf pada makhluk hidup (termasuk pada manusia, hanya mengenal dua kondisi, yaitu kondisi hidup (logika high atau 1) dan kondisi mati (logika low atau 0). Kondisi itulah yang dikonversi menjadi konsep pengendalian pada robot BEAM.

Adalah syaraf elektronik (electronics neurons) yang digunakan sebagai pembangkit logika high (1) atau low (0), di mana bapak robot BEAM, Mark W.Tilden, memperkenalkan dua jenis syaraf elektronik dalam sistem pengendalian robot BEAM, yaitu syaraf Nv (nervous) dan syaraf Nu (neural).

Sumber : Suyadhi, TDS. 2013. Robot BEAM. ANDI : Yogyakarta.



Tags :
jual robot, beli robot, toko robot, robot, mobile robot, toko robot glodok, jual robot line follower murah, kit robot murah, cara membuat robot, jual robot kit murah, gambar robot,, robot vs robot, war robots, robot jepang, robot robotan, robot sederhana, cara buat robot, robot indonesia, mainan robot binatang, macam macam robot, kontes robot indonesia, robotik indonesia, mainan robot, pengertian robot line follower, robot di indonesia, robot indo, robot robot canggih, komponen komponen robot

No comments:

Post a Comment