Pengenalan Rangkaian Elektronika : Dasar-dasar dan Jenis-Jenisnya - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Monday 4 September 2023

Pengenalan Rangkaian Elektronika : Dasar-dasar dan Jenis-Jenisnya

Rangkaian elektronika merupakan sebuah rangkaian yang terdiri dari beberapa komponen aktif dan komponen pasif elektronika seperti resistor, transistor maupun IC (Integrated Circuit) yang saling berhubungan untuk melakukan fungsi tertentu. Fungsi dari rangkaian elektronika ini tergantung pada desain dan komponennya. Setiap komponen elektronik yang digunakan di dalam rangkaian elektronika memiliki fungsi yang berbeda. Ada yang digunakan untuk mengatur aliran arus, menyimpan dan melepaskan energi, menyimpan energi dalam medan magnetik, mengendalikan arus dan berbagai jenis sumber daya baterai dan sumber daya AC. Konektor dan jalur yang terdapat pada rangkaian elektronika digunakan untuk menghubungkan berbagai komponen sehingga membentuk jalur untuk mengalirnya arus listrik dan tegangan antar komponen.

 

Rangkaian Elektronika Dasar

Fungsi Rangkaian Elektronika

 

1. Penguat Sinyal

 

Rangkaian elektronika digunakan untuk meningkatkan amplitudo sinyal elektronik seperti pemrosesan audio, komunikasi nirkabel dan pemrosesan sinyal.

 

2. Penyaringan Sinyal

 

Rangkaian elektronika digunakan untuk memisahkan sinyal berdasarkan frekuensi seperti pemrosesan audio, pemrosesan gambar dan komunikasi.

 

3. Oscillator

 

Rangkaian osilator menghasilkan sinyal berfrekuensi tetap. Contoh penggunaan oscillator ini yaitu pada pembangkit sinyal clock dalam komputer dan perangkat elektronik lainnya.

 

4. Konversi Sinyal

 

Rangkaian konversi sinyal mengubah bentuk sinyal, seperti mengubah sinyal analog menjadi digital (ADC) atau sebaliknya (DAC) dalam pemrosesan data dan komunikasi.

 

5. Penyearah dan Pemulus Sinyal

 

Rangkaian ini digunakan untuk mengubah sinyal AC menjadi DC (penyearah) atau untuk meratakan sinyal (pemulus) untuk berbagai aplikasi, termasuk pasokan daya.

 

6. Logika Digital

 

Rangkaian logika digital digunakan untuk melakukan operasi logika seperti AND, OR, NOT dan operasi logika digital lainnya yang membentuk dasar dari komputasi digital dan berbagai perangkat elektronik.

 

7. Komunikasi

 

Rangkaian komunikasi digunakan untuk mengirim dan menerima informasi melalui berbagai media, seperti kabel atau gelombang radio, termasuk modulator, demodulator, pemancar dan penerima.

 

8. Sensor dan Pengendali

 

Rangkaian ini digunakan dalam berbagai sensor untuk mengukur parameter fisik seperti suhu, tekanan, cahaya dan lain sebagainya. Pengendali menggunakan informasi dari sensor untuk mengendalikan perangkat atau sistem.

 

9. Catu Daya

 

Rangkaian catu daya digunakan untuk menghasilkan tegangan dan arus yang diperlukan untuk mengoperasikan komponen elektronik. Ini meliputi pembangkit daya, regulator, dan perlindungan dari lonjakan tegangan.

 

10. Sistem Mikrokontroler

 

Rangkaian ini adalah inti dari banyak sistem pintar dan kendali otomatis yang melibatkan mikrokontroler atau mikroprosesor untuk mengatur berbagai fungsi dalam sistem.

 

11. Pendeteksian dan Pengolahan Sinyal

 

Rangkaian ini digunakan untuk mendeteksi kondisi tertentu dan melakukan pemrosesan sinyal untuk mengambil tindakan yang sesuai. Ini digunakan dalam berbagai aplikasi seperti deteksi gerakan, pengenalan wajah, dan sebagainya.

 

12. Audio dan Pemrosesan Video

 

Rangkaian ini terkait dengan pemrosesan dan pemutaran suara dan video dalam berbagai perangkat seperti pemutar musik, televisi, dan perangkat multimedia.

 

Jenis - jenis Rangkaian Elektronika

 

1. Rangkaian Elektronika Analog

 

Jenis rangkaian elektronika yang pertama adalah versi analog. Seperti namanya, perangkat elektronik dengan versi analog masih menggunakan cara-cara yang terbilang masih konvensional. Jadi dengan adanya perubahan pada alat tersebut, maka akan terjadi secara perlahan tergantung skema di dalamnya.

 

2. Rangkaian Elektronika Digital

 

Rangkaian elektronika digital merupakan versi terbaru dari yang sebelumnya. Versi ini adalah pembaharuan dari versi analog karena menggunakan skema yang lebih canggih. Pada rangkaian digital, biasanya terdapat dua kondisi yaitu HIGH (1) dan LOW (0).

 

3. Rangkaian Campuran

 

Rangkaian campuran merupakan gabungan antara rangkaian analog dan digital. Beberapa perangkat elektronik yang merupakan jenis rangkaian campuran juga cukup beragam.

 

No comments:

Post a Comment